Jumat, 30 Desember 2011

tulisan ilmu budaya dasar 6

Cita-cita
Cita-cita adalah sebuah atau sesuatu keinginan yang ingin kita capai dimasa depan kita nantinya. Cita-cita itu dapat memotivasi kita untuk bisa bersemangat dan bekerja lebih giat lagi dimasa sekarang.Sehingga dimasa yang akan datang kelak cita-cita kita akan terwujud.
Dibawah ini adalah sebuah cerita tentang seorang anak kecil yang sangat bersemangat walaupun keadaan fisiknya sangat kekurangan. ia mempunyai cita-cita yang sangat hebat dan mulia. Namanya Satria, sejak lahir ia mempunyai kekurangan fisik pada bagian tangannya,maka dari itu ia susah untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari,ia mengandalkan kakinya agar bisa melakukan aktivitasnya sehari-hari. disamping kekurangannya,ia juga berada di lungkungan keluarga yang kurang mampu,ayahnya bekerja serabutan di home industri,dengan gaji yang kecil itu membuat ayahnya merasa bersalah karna tidak bisa menyekolahkan anaknya ke jenjang yg lebih baik. maka dari itu Satri mempunyai cita-cita,ia ingin menjadi dokter agar ia bisa mengangkat keadaan keluarganya. Dengan begitu ia akan semangat untuk mewujudkan cita-citanya,meski ia berada di lingkungan yang serba kekurangan.
Sekarang Satria,duduk di bangku 3 SMP negeri yang ada di wilayahnya. Dia merupakan anak yang pintar di sekolahnya, ia selalu mendapatkan rangking 1 di sekolahnya. Ia mendapatkan kesempatan berupa beasiswa untuk bersekolah di SMA favorit dan bagus di wilayahnya. itu merupakan hal yang membanggakan bagi dirinya dan keluarganya. terutama untuk ayahnya. Dia berfikir dengan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi ia bisa lebih mudah untuk mewujudkan cita-citanya.
Dengan berjalan seiring waktu, Satriapun masuk ke SMA tersebut. Hari pertama masuk SMA,ia merasa sangat minder karena teman-temannya merupakan anak yang keluarganya mampu. tapi hal itu bukan halangan bagi Satria untuk tetap berprestasi di sekolahnya.
Seperti sewaktu di SMP, ia tetap berprestasi di SMA, selalu bisa mendapatkan rangking 1 di kelasnya. Sehingga akhirnya, setelah lulus dari SMA ia bisa masuk ke perguruan tinggi ternama di Indonesia. Tentu berkat prestasinya tersebut,ia bisa mendapatkan beasiswa dan melanjutkan pendidikannya ke universitas,dan mengambil fakultas kedokteran. Dengan begitu, ia bisa mewujudkan cita-citanya menjadi dokter. Ayah dan Ibunya sangat bangga kepada anaknya itu. Karena mengganggap dengan semua kekurangan yang ada di dirinya,ia bisa tetap teguh untuk mewujudkan cita-citanya. Hingga akhirnya ia lulus dan berhasil menjadi dokter yang sukses. Ia berhasil membawa keluarganya ke tempat yang lebih baik lagi. Ayahnya tidak perlu lagi bekerja serabutan. Hal itu membuktikan bahwa kekurangan apapun yang ada di hidup kita, itu bukan suatu halangan untuk kita berprestasi dan bertekad untuk mewujudkan cita-cita kita. yang terpenting kita mau berusaha yang berdoa, dan terus semangat untuk mewujudkan cita-cita kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar