Senin, 19 Desember 2011

Tulisan 2 ilmu budaya dasar


MAKANAN TRADISIONAL INDONESIA
           
Indonesia merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari beragam suka bangsa, beragam adat istiadat, beragam suku,ras maupun etniknya. Indonesia juga meupakan Negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Keadaan alam Indonesia yang sangat indah sering menarik minat wisatawan untuk mendatangi Indonesia.
            Disamping keindahan alamnya, Indonesia juga memiliki berbagai macam makanan tradisional yang sangat enak. Seperti, rendang, bakso, soto, rawon, pecel, lotek, gado-gado, bakmi jawa, gudeg,nasi goreng. Bahkan seorang yang bisa di sebut sebagai pemimpin negara adi kuasa yaitu Barrack Obama, beliau sangat menyukai masakan Indonesia seperti bakso dan nasi goreng.
            Melihat perkembangan dari yang terjadi, banyak orang yang memanfaatkan keadaan ini untuk membuat bisnis di bidang kuliner,karena mereka berfikir kalau masakan tradisional Indonesia sudah mulai di lirik dan di minati oleh wisatawan asing. Maka banyak orang yang menfaatkannya dengan cara membuka restoran dengan makanan khas dari Indonesia. Terutama masakan yang berasal dari daerah Sumatra Barat atau Padang yang kita kenal dengan nama rending. Rendang merupakan makanan khas dari wilayah Minang atau Padang. Rending merupakan daging yang di beri bumbu dan rempah-rempah asli Indonesia dan di masak dalam waktu yang cukup lama sekitar hamper 5 jam lebih. Hal itu di maksudkan agar bumbu dari rending itu dapat meresap ke dalam dagingnya dan dagingnnya dapat lunak dan sangat lezat untuk di nikmati.
            Bahkan menurut salah satu sumber yang ada,Rendang masuk ke dalam 10 besar masakan paling lezat di seluruh dunia. Itu membuktikan bahwa masakan khas Indonesia dapat bersaing dengan masakan dari luar negri. Masakan Indonesia sangat kental dengan rempah-rempahnya. Dan hal itu sangat memikat banyak hati orang asing. Maka dari itu banyak orang Indonesia yang berada di luar negri mendirikan restoran yang mempunyai cirri khas masakan tradisional Indonesia terutama rendang. Dan hal itu akan lebih mengenalkan makanan khas Indonesia. Karena mereka berfikir masakan Indonesia akan memiliki sensansi tersendiri dalam memakannya apalagi di lidah orang “bule” yang tidak terlalu sering makan makanan yang kaya akan rempah-rempah.
Berikut ini adalah resep untuk membuat hidangan daging rendang :
Bahan:
Daging sapi 1 kg, potong sesuai selera.
Kelapa 2 bh diambil santannya.
Lengkuas 1 ruas.
Serai 1 btg.
Daun kunyit 2 lbr.
garam, gula secukupnya,

Bumbu halus:
Bawang merah 15 bh.
Bawang putih 5 bh.
Ketumbar 1sdm
Kunyit 1 ruas.
Cabai merah giling 100 gram.

Cara memasak:
Tumis bumbu halus dan lengkuas, serai, daun kunyit sampai harum.
Masukkan potongan daging, aduk-aduk tambahkan santan, aduk-aduk masak sampai santan mengering dan daging empuk.

Berikut di atas adalah resep untuk membuat rending. Sebenarnya membuat rending cukup mudah hanya saja perlu kesabaran dalam memasaknya karna membutuhkan waktu yang lama untuk membuat daging empuk dan lebih lezat untuk di nikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar