Senin, 19 Desember 2011

tulisan 4 ilmu budaya dasar


KEINDAHAN ALAM INDONESIA
            Indonesia merupakan salah satu Negara kepulauan. Indonesia memiliki beribu-ribu pula yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Terdapat 5 pulau terbesar yang ada di Indonesia,yaitu Sumatera,Jawa,Kalimantan,Sulawesi dan Papua. Dari kelima pula-pulau tersebut, Ibu Kota Negara Indonesia terletak di Pulau Jawa. Tetapi pulau lain selain pulau jawa juga tidak kalah indah dan menakjubkan dari pulau jawa. Ada satu pulau yang menjadikan Indonesia sangat terkenal di luar negri dengan keindahannya,yaitu Pulau Bali.
          Bali adalah nama salah satu provinsi di Indonesia dan juga merupakan nama pulau terbesar yang menjadi bagian dari provinsi tersebut. Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan.
Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ibukota provinsinya ialah Denpasar yang terletak di bagian selatan pulau ini. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.
Di Bali banyak sekali tempat wisata seperti Ubud,Tanah Lot,Pantai Kuta,pantai Sanur. Berikut di bawah ini foto-foto objek wisata yang ada di bali 
 
                             Pantai Kuta



                                        Tanah Lot

            Selain Bali, ada juga pulau Lombok.

          Pulau Lombok Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km², menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram.

Lombok pun tidak kalah indah dengan Bali, pantainya yang airnya berwarna biru bening dengan di selimuti pasir putih menambah keindahan Pulau Lombok. Selain pantai, Pulau Lombok juga mempunyai rumah adat yang sangat unik, namanya rumah adat suku sasak, suku sasak adalah salah satu suku yang ada di Lombok. Ini salah satu contoh gambar pantai yang ada di Lombok. 

 

                       Pantai tanjung Ringgit

 

Dan di bawah ini foto rumah adat suku sasak yang ada di Lombok.

                                              Rumah adat Suku Sasak



Demikian keindahan-keindahan yang ada di Negara kita. Masih banyak lagi hal-hal yang sangat indah di Indonesia. Jadi kita tidak perlu repot-repot ke luar negeri unutk beribur, karna di Indonesia semua sudah tersedia. Cintailah Indonesia !!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar