Selasa, 09 Oktober 2012

Peran Koperasi dalam Pembangunan Indonesia

lambang lama (1960-2012)


lambang baru koperasi

1. Pengertian Koperasi

Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

 

2. Koperasi di Indonesia dan Landasan Hukumnya

Koperasi di Indonesia, menurut UU tahun 1992, didefinisikan sebagai badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Di Indonesia, prinsip koperasi telah dicantumkan dalam UU No. 12 Tahun 1967 dan UU No. 25 Tahun 1992. Kinerja koperasi khusus mengenai perhimpunan, koperasi harus bekerja berdasarkan ketentuan undang-undang umum mengenai organisasi usaha (perseorangan, persekutuan, dsb.) serta hukum dagang dan hukum pajak.

 

3. Peranan Koperasi dalam Pembangunan Indonesia

a. sebagai lakon utama dalam kegiatan ekonomi berbagai sektor

b. sebagai penyedia lapangan kerja

c. pencipta pasar baru

d. berperan penting dalam mengembangkan kegiatan ekonomi di masyarakat

e. sebagai alat perjuangan ekonomi untuk mensejahterakan masyarakat.

f. berperan penting dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

Berdasarkan peranan koperasi di atas dapat kita simpulkan bahwa koperasi di Indonesia harus lebih di tingkatkan lagi, karna koperasi dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah yang ada di Indonesia walaupun dalam tingkatan yang lebih kecil. Seperti UKM (Usaha Kecil Menengah) harus lebih di perbanyak, walaupun hanya setingkat industri rumahan tetapi bisa membantu menyaring masyarakat sekitar untuk berperan aktif dalam usaha perekonomian dan dapatmenyerap tenaga kerja yang cukup banyak. Di  masa depan jika koperasi terus di"galakan" di Indonesia maka akan dapat membantu permasalahan kesejahteraan masyarakat karena sistem koperasi mengantut sistem ekonomi ke rakyatan.

Karena pembangunan koperasi adalah memerlukan waktu panjang, konsistensi, komitmen, dan kesabaran yang cukup tinggi maka koperasi tidak bisa dibangun dalam waktu yang singkat, sehingga dengan begitu peranan koperasi dalam perekonomian di indonesia akan sangat mempengaruhi kualitas kehidupan yang lebih baik dan mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya

 

 

http://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi#Koperasi_di_Indonesia

http://arien-kurniawan.blogspot.com

http://lydia14211185.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar