Jumat, 26 Oktober 2012

Contoh UKM yang berhasil (kaleng Lukis)

Pada tulisan saya yang sekarang, saya akan membahas salah satu contoh usaha rumahan (UKM) yang berhasil hanyan dengan mengandalkan kreatifitas dan barang-barang bekas yang ada di sekitar lingkungan anda yaitu Kaleng Lukis.
Menurut pencarian saya di internet salah satu yang menginspirasi adalah seorang Lani Cahyaningsari, beliau merupak salah satu pencetus adanya ide membuat kaleng lukis yang sekarang sudah terkenal dimana-mana. Produknya sering di sebut dengan Kaleng Lani, beliau mendirikan usaha ini pertama kali pada tahun 2000 silam, dan dia menjual barang-barang tersebut dengan harga yang sangat terjangkau sekitar 15.000 sampai 20.000. dengan usaha ini Lani dapat meraup omzet sekitar 10.000.000 per bulan, dan itu merupakan angka yang cukup fantantis bagi sebuah UKM yang menciptakan sebuat barang cantik dari kaleng atau barang-barang bekas.
Biasanya Lani mengumpulkan kaleng-kaleng tersebut dari sekitar lingkungannya, ada yang berupa kaleng bekas susu ataupun kaleng bekas biskuit yang iya beli seharga 1000 sampai 2000 perkaleng. Salah satu yang mebuat Kaleng Lani begitu menarik karena tema dan gambar yang di buat oleh Lanis sangat "eyes catching" dan warna-warna yang di gunaka juga sangat beragam dam membuat para anak-anak keci menarik untun melihatnya. tetapi cat yang di gunakan oleh Lani cat yang amat dan memang khusus untung kaleng. berikut salah satu contoh kaleng lukis lani


Cara membuat kaleng lukis :
Pertama, kaleng dicuci untuk dibersihkan dari sisa produk konsumsi, kemudian dikeringkan. Kedua, dibentuk pola dan dipotong sesuai bentuk yang diinginkan. Ketiga, sketsa gambar dibuat dengan pensil lalu kemudian sketsa yang sudah kita buat kita warnai dengan cat lalu di keringkan di bawah sinar matahari. Setelah sudah kering lalu semprotkan pylox bening sehingga akan membuat warnanya lebih terang.

Sekian tulisan saya tentang UKM kaleng Lukis, semoga hal ini dapat meninspirasi para mahasiswa-mahasiswa seperti kita untuk bisa lebih berwirausaha dengan mengandalkan keterampilan dan kekreatifitasan kita, selain itu kita juga dapat menyelamatkan bumi dengan mendaur ulang produk-produk bekas yang tidak berguna menjadi barang yang canti dan berguna.


link : www.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar