Kamis, 27 Maret 2014

TULISAN 2 BAHASA INDONESIA

NAMA : VICKY ANGGRAINI
NPM : 17211269 
KELAS : 3EA17
 
METODE –METODE ILMIAH UNTUK MENJAWAB PERTANYAAN ILMIAH 

A. Metode  Ilmiah

Metode ilmiah atau proses ilmiah (bahasa Inggris: scientific method) merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisik.

Dalam melakukan penelitian, metode ilmiah digunakan oleh peneliti sebagai alat untuk mencari informasi ilmiah, dengan tujuan mendapatkan kesimpulan atas apa yang sedang di teliti.

Metode ilmiah digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ilmiah. Karena metode ilmiah dilakukan dengan berbagai tahapan maka peneliti dapat dengan mudah menyimpulkan permasalahan atas masalah yang diteliti.

Intinya bahwa metode ilmiah adalah cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan dan penjelasan kebenaran. Dengan adanya metode ilmiah ini pertanyaan-pertanyaan dasar dalam mencari kebenaran seperti apakah yang dimaksud, apakah benar demikian, mengapa begini/begitu, seberapa jauh, bagaimana hal tersebut terjadi dan sebagainya, akan lebih mudah terjawab.


B. Syarat-syarat suatu pengetahuan dikatakan ilmilah
  1. obyektif, sesuai dengan obyeknya atau didukung fakta empirik
  2. metodik, diperoleh dengan cara tertentu yang teraur dan terkontrol
  3. sistematik
  4. berlaku umum
 C. Berikut langkah-langkah metode ilmiah:
  1. bersifat langsung dan tidak langsung, agar tepat dan benar melalui latihan dan menggunakan alat-alat yang telah ditera
  2. perumusan masalah, berupa pertanyaan meliputi 5W+1H
  3. perumusan hipotesis, dugaan atau jawaban sementara dari masalah. hipotesis harus didukung fakta agar mudah diuji, bersifat sederhana dan memiliki jangkauan yang jauh
  4. pengujian hipotesis atau eksperimen, melalaui penelitian sehingga diperoleh hasil kemudian dianalisis
  5. penarikan kesimpulan, setelah data dianalisis dapat diketahui hasilnya apakah data tersebut mendukung hipotesis atau tidak sehingga mudah untuk melakukan penarikan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan.
D. Contoh pemakaian metode ilmiah dalam pertanyaan ilmiah :

Jika seorang detektif sedang mengintrogasi penjahat, maka sang dekektif akan mengajukan beberapa pertanyaan, demi mengetahui bagaimana kejadian sebenarnya. Detektif melakukan introgasi dengan berbagai tahapan. Dengan begitu detektif dapat mengetahui apakah penjahat itu bersalah atau tidak.



SUMBER :





http://fachryaje.blogspot.com/2010/04/penggunaan-metode-ilmiah-dalam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar