Rabu, 02 Oktober 2013

Tulisan Perilaku Konsumen (Pendahuluan)

PERILAKU KONSUMEN 


PENDAHULUAN

I. Apa yang dimaksud perilaku konsumen ?

   Perilaku konsumen adalah studi tentang bagaimana individu, kelompok dan organisasi memilih, membeli, menggunakan dan bagaimana barang, jasa, ide, atau pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka.
Berikut pengertian perilaku konsumen menurut para ahli :
a. Schiffman dan Kanuk
Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh sesorang dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan bertindak pasca konsumsi produk dan jasa, maupun ide yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhannya.

b. Engel, Blackwell dan Miniard
Perilaku konsumen ialah tindakan-tindakan produk jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan tersebut yang terlibat secara langsung dalam memperoleh, mengkonsumsi dan membuang suatu produk atau jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan tersebut.

c. Mowen
Perilaku konsumen merupakan aktivitas seseorang saat mendapatkan, mengkonsumsi dan membuang barang atau jasa.

d. The American Marketing Association
Perilaku konsumen membagai interaksi dinamis dari pengaruh dan kesadaran, perilaku dan lingkungan dimana manusia melakukan pertukaran aspek hidupnya.

II. Pemikiran yang benar tentang konsumen.

  • Konsumen adalah RAJA
  • Motivasi dan perilaku konsumen dapat dimengerti melalui penelitian.
  • Perilaku konsumen dapat dipengaruhi melalui kegiatan persuasif yangmenghadapi konsumen secara serius sebagai pihak yang berkuasa dan denganmaksud tertentu.
  • Bujukkan dan pengaruh konsumen memiliki hasil yang menguntungkan secara sosial asalkan pengamanan harganya baik.
  • Konsumen juga yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu produk

III. Penelitian konsumen sebagai suatu bidang yang dinamis

Studi tentang perilaku konsumen merupakan integrasi antara berbagai bidang ilmu, yaitu ekonomi, sosiologi, antropologi, dan psikologi. Perilaku konsumen dikatakan dinamis karena proses berpikir, merasakan, dan aksi dari setiap konsumen, kelompok konsumen selalu berubah secara konstan. Bahkan seorang konsumen dapat berganti selera sesuai pola pikir, daya beli, maupun rasa maka hal yang berubah dalam perilaku konsumen itu merupakan hal yang wajar. Maka dari itu kedinamisan yang ada dari perilaku konsumen harus disesuaikan oleh para produsen yang wajib menciptakan inovasi-inovasi baru dalam menghasilkan barang.



Sumber :
- Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1, Kotler dan Keller. Erlangga.
- http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
- http://juniorsuryadilaga.wordpress.com/2013/01/09/pengertian-perilaku-konsumen-menurut-para-ahli/
- http://nindyzoraya.wordpress.com/2011/10/12/perilaku-konsumen/
- http://agung-24.blogspot.com/2012/10/perilaku-konsumen_13.html

1 komentar:

  1. membaca artikel di atas saya berpendapat bahwa prilaku konsumen di Indonesia lebih susah di baca karaternya, mungkin karna Bangsa Indonesia memang rata-rata konsumtif.
    Al Mazhumy

    BalasHapus