Sabtu, 08 Oktober 2011

DASAR PEMASARAN

cai.elearning.gunadarma.ac.id/webbasedmedia
PERAN PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN DAN MASYARAKAT

Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.


Konsep inti pemasaran :
  Kebutuhan; Pernyataan dari rasa kehilangan
  Keinginan;  bentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaya dan kepri
  Permintaan; keinginan manusia yang didukung oleh daya beli
  Produk adalah Segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan atau dikonsumsi, sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.
  Nilai bagi pelanggan,  perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut
  Kepuasan pelanggan; sejauh mana anggapan kinerja produk memenuhi harapan pembeli. Bila kinerja produk lebih rendah ketimbang harapan pelanggan, pembelinya tidak puas. Bila prestasi sesuai atau melebihi harapan, pembelinya merasa puas atau amat gembira
  Total quality management program yang dirancang untuk memperbaiki mutu produk, jasa dan proses pemasaran secara terus menerus
  Pertukaran , tindakan untuk memperoleh obyek yang didambakan dari seseorang dengan  menawarkan sesuatu sebagai penggantinya
  Transaksi; perdagangan antara dua pihak, yang  paling sedikit melibatkan dua macam nilai, persetujuan mengenai kondisi, persetujuan  mengenai waktu dan persetujuan mengenai tempat
  Hubungan pemasaran proses menciptakan, memelihara, dan meningkatkan hubungan erat yang semakin lama semakin bernilai dengan pelanggan dan pihak-pihak beerkepentingan yang lain
  Semula istilah pasar berarti tempat pembeli dan penjual berkumpul untuk mempertukarkan barang mereka



KONSEP PENJUALAN DAN KONSEP PEMASARAN
Konsep penjualan mempunyai perspektif dari dalam ke luar. Konsep ini dimulai dg pabrik fokus pada produk perusahaan yang sudah ada dan melakukan penjualan dan promosi besar-besaran untuk memperoleh penjualan yang mampu mendatangkan laba
konsep pemasaran mempunyai perspektif dari luar ke dalam


Menurut Webster jr. peran pemasaran dalam organisasi ada 2 type yaitu jenjang organisasional dan jenjang manajerial. Jenjang organisasional ber aitan dengan peran pemasaran sebagai kultur sebagai strategi dan taktik.jenjang manajerial berkaitan dengan peranan manajemen pemasaran di dalam mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen yg didukung oleh keterampilqn manajemen tertentu.
1. JENJANG ORGANISASIOANAL
Jenjang organisaional berkaitan dengan peran pemasaran sebagai kultur, strategi dan taktik
jenjang organisasional terbagi atas 3 peran penting yaitu
  • korporate (Corporate Marketing)
  • unit bisnis strategi (Strategic Marketing)
  • operasional (Marketing Management)
- Korporate (corporate Marketing)
peran pemasaran di jenjang korporate ini mencakup :
  1. mengoperasioanalisasikan filosofi konsep dasar pemasaran dengamn cara mengkampanyekan (mempromosikan) orientasi pemasaran kepada pelanggan yakni senantiasa mengutamakan kebutuhan, keinginan, dan kepuasan pelanggan
  2. memperkirakan daya tarik pasar dengan cara mengananlisis kebutuhan dan karakteristik pelanggan
  3. mengembangkan nilai keseluruhan perusahaan atau good will
ketiga peran utama tersebut bertujuan membangun kultur perusahaan artinya lebih mengutamakan nilai dan keyakinan dasar berkaitan dengan kepentingan pokok pelanggan
- Unit bisnis marketing (strategic marketing)
peran pemasaran di jenjang strategic marketing ini mencakup
  1. menentukan bagaimana berkompetisi dengan para pesaing bisnis tertentu
  2. memutuskan dengan siapa, kapan dan bagaimana cara menggalang kemitraan
- Operasional ( Marketing Management)
peran pemasaran dijenjang operasional ini mencakup :
  1. merumuskan dan mengimplementasikan program-program pemasaran yang didasarkan pada bauran pemasaran (marketing mix yaitu :
  • produk (product)
  • penetapan harga (price)
  • distribusi (place)
  • promosi (promotion)
2.   mengelola hubungan yang harmonis dengan pelanggan dan penyalur
pada jenjang ini pemasaran diutamakan sebagai TAKTIK
2. JENJANG MANAJERIAL
sedangkan jenjang manajerial berkaitan dengan peranan manajemen pemasaran didalam mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen yang didukung oleh keterampilan manajemen tertentu yang diperlukan untuk menunjang kelancaran proses manajemen
  • manajemen puncak
  • manajemen menengah
  • manajemen bawah
PERANANAN MANAJEMEN PUNCAK
  1. sebagai pengambil keputusan akhir, pengendali, pengalokasi sumber daya dan negoti  kepengtingan perusahaan . sebagai pemberi informasi yang menekankan peranannya sebagai pusat pemantau
  2. manajemen puncak terutama harus memiliki kemampuan konseptual dan sedikit keterampilan teknis
PERANAN MANAJEMEN MENEGAH
  1. sebagai pemberi informasi menekankan peranannya sebagai penyebar berita, sebagai penyambung lidah/wakil anggota
  2. manajemen madya terutama memiliki kemampuan konseptual lebih banyak ketimbang manajemen bawah dan sedikit keteampilan teknis
PERANAN MANAJEMEN BAWAH
  1. sebagai simbol andalan, pemimpin dan penghubung menekankan perannya antar pribadi 
  2. manjemen bawah terutama harus lebih banyak memiliki kemampuan teknis        
     daftar pustaka : 1. http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
                             2. cai.elearning.gunadarma.ac.id/webbasedmedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar